3 Perbedaan Antara Haji dan Umroh

Hampir semua umat muslim tahu kalau ibadah haji berbeda dengan ibadah umroh. Tapi mungkin masih ada yang belum benar-benar mengerti dimana letak perbedaannya. Agar Anda lebih mengerti dimana sebenarnya perbedaan ibadah haji dan umroh, silahkan perhatikan 3 perbedaannya berikut ini:

  1. Hukum

Perbedaan yang jelas antara ibadah haji dan umroh adalah di hukumnya. Ibadah haji masuk dalam rukun Islam yang ke-5, sedangkan ibadah umroh adalah sunnah yang dianjurkan atau sunnah muakad. Ibadah haji dilakukan jika Anda merasa mampu secara fisik dan finansial untuk menyelesaikan ibadah tersebut.

  1. Waktu

Ibadah haji dan umroh juga terletak pada perbedaan waktu pelaksanaannya. Ibadah haji harus dilakukan saat memasuki bulan haji yaitu di tanggal 9-11 djulhijah, sedangkan umroh dapat dilakukan kapanpun kecuali di hari Tasyrik, Nahar, dan Arafah atau tepatnya saat pelaksanaan haji.

  1. Tata Cara

Tata cara pelaksanaan juga jadi pembeda antara ibadah haji dan umroh, tata cara melakukan ibadah haji diantaranya Ihram, Tawaf, Sya’i, Tahalul, Wukuf, Mabit, dan Lempar Jumroh. Sedangkan umroh hanya melakukan Ihram, Tawaf, Syai, dan Tahalul.

Itulah 3 perbedaan antara ibadah haji dan umroh, untuk Anda yang berencana melakukan ibadah haji atau umroh ini sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik agar ibadah yang Anda lakukan dapat berjalan lancar.


Your email address will not be published. Required fields are marked *