Peningkatan Kuota Haji

ARAB NEWS — JEDDAH : Langkah Arab Saudi untuk menambah kuota haji tahun ini telah disambut, setelah jumlah jama’ah mencapai titik terendah 10 tahun terakhir hingga 2016.

Pada hari Kamis Raja Salman menyetujui usulan untuk meningkatkan jumlah jama’ah dari dalam dan luar kerajaan selama musim tahun ini, yang dimulai pada akhir musim panas.

Mohammed Shahid Alam, konsul haji dan wakil konsul jenderal di Konsulat India di Jeddah, mengatakan memulihkan kuota merupakan kabar baik bagi para jama’ah.  Tahun lalu, sekitar 136.000 jama’ah India datang untuk melakukan haji, turun dari 170.000 pada 2012 setelah pemerintah mengurangi kuota sebesar 20 persen.

Angka untuk tahun ini direncanakan akan dideklarasikan setelah pertemuan tingkat menteri yang akan diadakan akhir bulan ini.

Sajid Yousfani, Direktur Jenderal Pakistan untuk haji, mengatakan kepada Arab News bahwa berita memulihkan kuota positif bagi seluruh umat Islam, atau komunitas global dan mereka menunggu untuk melakukan haji tahun ini.

Pihak berwenang Arab Saudi memberlakukan pemotongan 20 persen kuota bagi jama’ah haji asing dan potongan 50 persen untuk jama’ah domestik, untuk menjamin keamanan selama perluasan Masjidil Haram.

Jumlah jama’ah haji secara bertahap akan meningkat dan dikembalikan ke lima tahun yang lalu, menurut sebuah pernyataan resmi.

Pertemuan dengan kepala kementerian haji di seluruh dunia telah dijadwalkan untuk membahas persiapan haji 2017 dan jumlah ja ma’ah untuk tahun ini diluar kerajaan akan diumumkan kemudian.

Tahun lalu, 1.325.372 asing dan 537.537 jama’ah dalam negeri melakukan haji, membuat total 1.862.909 jama’ah. Ini adalah jumlah terendah jama’ah yang tercatat dalam 10 tahun terakhir.

Lebih dari 2,4 juta muslim melakukan ibadah haji pada tahun 2007, menurut laporan.


RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *